Kamis, 15 Mei 2014

issue dalam kebidanan



ISSUE KEHAMILAN DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DISUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS ASUHAN KEBIDANAN YANG DIAMPU OLEH IBU RIZKA AYU SETYANI S,ST




Disusun oleh :
Kelas B10.2


Nama :
                           Nim :
1.     Dyah Restu Ghayatri
2.     Dewi Tiarni                                                                                         
3.     Hardianti Fitrah Awaliyah
4.     Pistine Sri Rahayu
13140063
13140106
13140117
13140111


PROGRAM STUDI D-IV BIDAN PENDIDIK
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
2013/2014



A.    Latar Belakang
Mitos merupakan sebuah cerita yang memberikan pedoman dan arah tertentu kepada sekelompok orang. Mitos memberikan arah kepada kelakuan manusia dan merupakan semacam pedoman untuk kebijaksanaan.
Demikian juga mitos tentang kehamilan, diyakini kebenarannya dalam upaya memelihara kesehatan jiwa ibu hamil. Kepercayaan ini menjadi salah satu usaha dan upaya yang berorientasi pada kebatinan. Bertujuan untuk menjaga keselamatan jiwa ibu hamil dalam mencapai keturunan yang baik secara psikis dan jasmani.
Kepercayaan terhadap mitos tentang kehamilan merupakan pemahaman masyarakat tentang kewaspadaan menghindari resiko selama masa kehamilan dan merupakan bentuk keberagaman budaya suatu masyarakat. Disadari bahwa setiap orang merupakan bagian dari budaya yang ada dalam lingkungan tempat tinggalnya. Budaya tersebut akan berpengaruh terhadap pola pikir, sikap dan prilaku setiap individu. Hal ini juga tercermin dalam kehidupan masyarakat terhadap kepercayaan mereka tentang berbagai pantangan dan larangan kehamilan yang berkembang secara turun temurun. Seperti adanya pantangan makanan, tindakan dan anjuran tertentu yang berpengaruh pada perempuan hamil. Keteledoran memenuhi pantangan tindakan dan anjuran tersebut diyakini akan berakibat buruk kepada perempuan hamil maupun calon bayi. Ketidaktahuan akan kesehatan reproduksi serta status perempuan dalam keluarga dan lingkungan menjadi faktor penting dalam hal kepercayaan terhadap mitos kehamilan.










B.     Issue
            Seorang perempuan dalam  masa kehamilan akan memasuki suasana kehidupan sehari-hari yang penuh dengan berbagai kepercayaan terhadap mitos pada masa kehamilannya. Mitos tentang kehamilan yang berkembang di masyarakat sangat banyak, salah satunya wanita hamil dilarang duduk didepan pintu agar tidak mendapat kesulitan dalam proses melahirkan.

C.     Hasil Diskusi
            Menurut kelompok kami,  ibu hamil yang dilarang duduk di depan pintu  agar tidak mendapat kesulitan dalam proses melahirkan itu ada sisi negatif dan sisi positifnya. Dilihat dari sisi negatifnya, ibu hamil yang sering duduk didepan pintu mempunyai kemungkinan terjadi sesuatu yang tidak baik pada dirinya dan kandungannya. Seperti jatuh, masuk angin dan hal yang diperkirakan dapat memberi pengaruh buruk terhadap diri dan kandungannya. Sedangkan sisi positifnya  ibu hamil yang duduk di depan pintu  dapat menghirup udara segar dan menghilangkan rasa stress yang dia punya.

D.    Kesimpulan
            Selama ibu dapat menjaga kesehatan dirinya dan bayinya, duduk didepan pintu sah-sah saja dilakukan.







Daftar pustaka
(diunggah tanggal 23-2-2014,pukul 14:38 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar